BISNIS OUTBOUND : ANALISA USAHA DAN BIAYA PEMBUATAN

 On Jumat, 17 Agustus 2018  

BIAYA PEMBUATAN OUTBOUND
Peluang Bisnis Outbound

Bisnis Outbound di Indonesia semakin ramai. Dan ini wajar, mengingat permintaan juga semakin banyak. Namun siapa sangka, kegiatan penuh tantangan ini awalnya di pandang sebelah mata, kegiatan orang yang tidak punya kerjaan.

Kenapa Kita Butuh Outbound


Outward Bound atau lebih dikenal dengan nama outbound masuk lewat orang-orang yang punya kecintaan pada petualangan di alam bebas. Materi salah satu pendekatan belajar dan bermain di luar ruang alias adventure education ini mengharuskan pihak operator mengadakan pembelajaran di alam terbuka.

Outbound mendidik manusia untuk belajar dari pengalaman. Prinsipnya mirip ajaran Kong Fu Tsee a) jika saya melihat maka saya lupa, b) jika saya mendengar saja maka saya lupa, c) jika bertindak maka saya ingat”. Dari pemahaman kecil ini juga kita bisa melihat saat ini banyak sekolah menerapkan konsep sekolah alam. Kalau sekolahnya di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya yang punya lahan sempit bagaimana? Ya gampang, outbound di lakukan di luar kota, di Bandung treetop misalnya. Yang dari Surabaya bisa ke Pandaan treetop atau Batu Malang.

Bukan Hanya Untuk Karyawan Perusahaan Tapi Juga Anak Sekolah

Outbound memiliki manfaat besar guna menstimulasi aspek fisik sampai psikis peserta dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Sayangnya kegiatan Outbound ini belum familiar di kalangan dunia pendidikan.

Selama berkecimpung di dunia petualang terus terang kami lebih sering memberikan outbound training untuk karyawan sebuah perusahaan. Untuk siswa sekolah, kalaupun ada kegiatan Outbound seringnya ialah sekolah pada jenjang SMA dan itupun hanya sebatas kegiatan hIburan saja, belum menjadi kegiatan rutin. Kegiatan Itupun, outbound game lebih disukai oleh siswa laki-laki daripada wanita.

Padahal jika dilakukan secara rutin, outbound training akan memberikan manfaat yang beragam, mulai dari menambah pengalaman baru, memacu rasa keberanian, membangun rasa kebersamaan, komunikasi yang efektif antar sesama, bertindak sesuai dengan situasi dan kondisi, memahami setiap kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya maupun orang lain hingga dapat menimbulkan rasa saling menghargai dalam setiap keputusan. Jadi kapan pihak sekolah mulai membuka mata terhadap kegiatan positif satu ini.

Outbond Games
OUTBOUND GAMES DI MALANG
OUTBOUND GAMES DI MALANG

Kegiatan outbound selalu berkait dengan persoalan sikap mental baik dalam hubungannya dengan team building, hubungan atasan bawahan, sikap mental berkomunikasi, problem solving maupun berpikir kreatif.

Oleh sebab itu, outbound games selalu disesuaikan dari sisi: tema dan content kegiatan, level peserta, serta sasaran kegiatan apakah membangun karakter pribadi secara individual atau membangun tim. Dan pada umumnya, tiap outbound games akan mengarah pada 3 hal.

Smart Program , ini adalah singkatan dari Synergy Management Adventure RecreaTion. Kegiatan ini dirancang mengarah kepada pembentukan sikap mental. Kedua, ada Care program atau Combine of Adventure adn Recreation. Sifat Kegiatan ini bersifat lebih ringan dan dipadukan dengan acara yang bersifat menghibur.  Terakhir, ada outing and gathering.

Kegiatan terakhir ini lebih banyak diminati sebab outbound games pada program ini lebih bersifat hiburan. Namun, program terakhir ini membutuhkan fasilitas yang bisa di bilang tidak murah. Sebab biasanya di isi dengan games seperti :

  1. Flying Fox
 Salah satu wahana outbound paling digemari adalah flying fox. Flying Fox memiliki sebutan yang beragam. Di luar negeri mereka biasa menyebut nama zip line. Ini tak lepas dari sejarah wahana ini yang dulu hanya digunakan sebagai sarana transportasi untuk melintasi sungai. Di Indonesia sendiri, wahana ini sangat populer saat di bawa oleh Treetop, perusahaan outbound waralaba asal Perancis.

Flying fox terpanjang di dunia ada di Dubai. Kalau di Indonesia kalian bisa melihatnya di Treetop Pandaan Pasuruan. Panjang wahana disini sekitar 1 km. Sangat menegangkan.

  1. Sky Bike
Sepeda udara atau disebut sky bike ini mirip dengan rooler coster. Jadi bentuknya adalah kereta yang hanya di isi 2 orang. Yang membedakan dengan roller coaster biasa adalah tanjakanya. Jika roller coaster memiliki turunan dan rel naik yang curam. Sky bike ini relnya datar-datar saja. Jadi bisa disebut ini outboud woles.

Kalau mau yang sedikit ekstrem bisa coba sepeda gantung. Konstruksi outbound wahana ini mirip dengan karpet terbang. Sepeda gantung tidak menggunakan rel namun menggunakan rab atau tali. Dan ini beneran memakai sepeda ontel sebagai alat jalanya. Jadi itu yang membedakan rab outbound dengan sepeda gantung ini.

Apabila rab outbound memakai tali lalu peserta berjalan diatas tali tersebut. Maka pada wahana sepeda gantung, peserta naik sepeda menyusuri tali. Kemungkinan terjatuhnya tentu lebih tinggi. Apa aman? Tentu saja asal di dampingi provider outbound profesional.

  1. Outbound Tanpa Alat
Banyak games team building dalam program outbound yang dilakukan tanpa memakai alat sama sekali. Jadi materi outbound benar-benar diarahkan oleh trainer. Misalnya, Scavenger Hunt dimana trainer akan memecah kelompok menjadi dua grup atau lebih. Lalu dibuat daftar tugas yang aneh untuk dilakukan sebagai tim. Misalnya bisa selfie dengan orang tidak dikenal atau kalau mau yang lebih ekstrem bisa masuk ke kandang buaya.

Namun bagaimanapun itu, game tanpa alat seperti Human Knot dan perfect square akan cepat sebetulnya tidak benar-benar seru. Namanya juga outbound, ia tidak akan pas tanpa wahana atau alat yang membuat jantung semakin berdebar.

Pilih Mana : Outbound dengan Wahana atau Tanpa Alat

CARA MEMBUAT ARENA OUTBOUND
JASA PEMBUATAN WAHANA OUTBOUND

Kami yakin jika para peserta outbound di suruh memilih, antara game tanpa alat yang sensasinya tak jauh beda dengan permainan petak umpet, atau menaiki rab outbound dan flying fox, maka jawabnya tentu pilih yang dengan wahana.

Dan inilah peluang para pengusaha.

Bisnis Plan Outbound


Kalau anda berpikir, oke, bisnis ini bisa digarap. Maka, sebelum membuat plan outbound ada beberapa hal yang mesti anda perhatikan. Diantaranya adalah.

  1. Desain Arena Outbound
Pastikan dulu anda ingin membuat apa. Kalau lokasi anda bertebing, flying fox akan sangat bagus. Tapi kalau lokasi datar-datar saja, anda mesti menggunakan tower untuk membangun wahana ini. Jelas disini anda butuh modal lebih. Jadi desain arena outbound ini berkaitan dengan lokasi dan biaya.

  1. Modal Bisnis Outbound
Coba hitung modal anda berapa. Kalau modal bisnis outbound anda tak terbatas, buat segala wahana plus kolam renangnya juga. Namun kalau modal terbatas cukup buat rab outbound. Flying Fox juga masih bisa. Lebih lengkap silahkan baca artikel kami : cara membuat arena outbond flying fox

  1. Berikan Proposal Outbound pada orang yang paham
Proposal bisnis outbound tak selalu mudah diterima. Surat penawaran anda akan dibuang oleh orang yang tak paham betapa bisnis outbound ini bisa jadi sesuatu yang menjanjikan. Jadi ingat, pastikan proposal pembuatan wahana outbound anda berada di tangan orang yang tepat.

  1. Jasa Pembuatan Outbound
Terakhir, pastikan anda memilih perusahaan pembuatan outbound yang terpercaya. Cara membuat arena outbond tidak gampang. Harus orang yang berpengalaman. Masalahnya kan bukan sekedar semata hiburan namun juga harus memperhatikan faktor safety alias keselamatan.

Untuk Konsultasi Mengenai Peluang Bisnis Outbound, Silakan Hubungi:

Bpk. Subhan
No.HP/WA: 081-853-854-6
Whatsapp Klik: WA-0818538546

BISNIS OUTBOUND : ANALISA USAHA DAN BIAYA PEMBUATAN 4.5 5 Caksub Group Jumat, 17 Agustus 2018 Peluang Bisnis Outbound Bisnis Outbound di Indonesia semakin ramai. Dan ini wajar, mengingat permintaan juga semakin banyak. Namun si...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back to top